JAMINAN KESEHATAN NASIONAL, TAHUN KEDUA :
SITUASI DAN KONDISI SERTA IMPLIKASINYA
PADA PENGELOLAAN RUMAH SAKIT


Jaminan kesehatan Nasional (JKN) telah diberlakukan di Indonesia sejak 1 Januari 2014 dengan motor penggerak utamanya BPJS Kesehatan. Dalam JKN ini terlibat beberapa pemangku kepentingan yaitu: BPJS Kesehatan, DJSN (Dewan jaminan Sosial Nasional),Kementerian Kesehatan, jaringan fasilitas kesehatan primer (puskesmas, dokter keluarga dan klinik pratama) dan pelayanan rujukannya yaitu rumah sakit, Kemensos, TNI dan Polri, Bappenas, Perguruan Tinggi, berbagai organisasi profesi kesehatan termasuk PERSI, DPR/D, BPS dan LSM. Empat aspek dalam JKN yang menjadi perhatian khalayak yaitu aspek kepesertaan, keuangan/ pembiayaan, fasilitas kesehatan dan organisisi kelembagaan. Menjelang dua tahun diberlakukannya JKN dengan organisasi penggeraknya yaitu BPJS Kesehatan masih banyak masalah yang harus diantisipasi dan dicarikan pemecahannya walaupun tentu saja sudah banyak manfaat dan keberhasilan yang diperoleh. Permasalahan yang muncul juga terkait dengan dengan empat aspek tersebut.
Dalam rangka memberikan pemahaman, diseminasi informasi dan mencari lesson learned dari hubungan BPJS Kesehatan dan rumah sakit pada tahun kedua JKN kepada para mahasiswa, alumni MIKM FKM UNDIP serta peserta dari beberapa institusi lain maka MIKM FKM UNDIP mengadakan seminar ilmiah dengan judul “JAMINAN KESEHATAN NASIONAL, TAHUN KEDUA : SITUASI DAN KONDISI SERTA IMPLIKASINYA PADA PENGELOLAAN RUMAH SAKIT”. Dengan mengikuti seminar ini diharapkan para peserta memperoleh pemahaman dan wawasan serta lesson learned dari pengelolaan rumah sakit dari narasumber terkait operasionalisasi BPJS Kesehatan pada tahun kedua.
Seminar Ilmiah ini diselenggarakan di Oak Tree Emerald Hotel tanggal 18 November 2015 dan dihadiri oleh 120 orang baik mahasiswa, alumni, dosen, dan para praktisi. Acara dimulai pukul 09.30 dibuka dengan sambutan oleh Kaprodi MIKM UNDIP Dr. dr. Sutopo Patria Jati MM, M.Kes dilanjutkan sambutan dari Dekan FKM UNDIP Hanifa Maher Denny, S.KM, MPH, Ph.D. Acara inti dimoderatori oleh Dr. Dra. Chriswardani Suryawati M.Kes dengan pembicara I dr. Sri Mulyani, Sp.A, Mkes (Direktur RSUD dr. Soewondo, Kendal) dengan materi Implikasi JKN pada Pengelolaan RS Pemerintah Terkait Pengelolaan Pasien Peserta, Manajemen Keuangan, SDM, Sarana dan Logistik Rumah Sakit. Pembicara 2 dr. AM. Masyudi, Mkes (Direktur RSI Sultan Agung, Semarang) dengan materi Implikasi JKN pada Pengelolaan RS Swasta Terkait Pengelolaan Pasien Peserta, Manajemen Keuangan, SDM, Sarana dan Logistik Rumah Sakit. Pembicara 3 HS Rumondang Pakpahan, SSi. AAAK, Mkes (BPJS KC Semarang) dengan materi Pencapaian Hasil, Permasalahaan dan Antisipasinya Terkait Pengelolaan Kepesertaan, Keuangan dan Kelembagaan BPJS Kesehatan dalam Hubungannya dengan Rumah Sakit. Acara selanjutnya adalah tanya jawab dan diskusi serta penutupan dan pemberian kenang-kenangan pada narasumber.


Link Materi JKN
Link Materi Kiat-kiat Publikasi
Link Materi Forum Ilmiah