KEGIATAN PELATIHAN ANALISIS BIAYA

RUMAH SAKIT

UNTUK MAHASISWA KONSENTRASI

ADMINISTRASI RUMAH SAKIT

PROGRAM MAGISTER

ILMU KESEHATAN MASYARAKAT

UNIVERSITAS DIPONEGORO


Latar belakang :

Penerapan metode-metode Ilmu Ekonomi untuk bidang kesehatan termasuk perumahsakitan semakin mendesak untuk mendukung tercapainya efisien, efektivitas dan mutu pelayanan rumah sakit. Penerapan Ilmu Ekonomi di bidang kesehatan termasuk perumahsakitan mengutamakan aspek alokasi, efisiensi, efektivitas, mobilisasi dan equity dalam alokasi sumber daya untuk penyelenggaraan institusi / fasilitas pelayanan kesehatan (perumahsakitan).

Penerapan metode-metode tersebut harus diberikan kepada peserta didik mahasiswa di perguruan tinggi kesehatan khususnya di level S2 (magister) administrasi / manajemen rumah sakit. Sebagai calon pengelola (manajer) rumah sakit pada berbagai level dan bidang mereka dituntut untuk memahami dan mempunyai wawasan pentingnya aspek- aspek tersebut dalam pengambilan keputusan terkait pengelolaan perumahsakitan baik rumah sakit pemerintah maupun swasta.

Salah satu metode Ilmu Ekonomi yang telah lama diterapkan dalam pengelolaan perumahsakitan di Indonesia adalah metode “costing” dan “pricing” rumah sakit atau lebih dikenal dengan metode analisis biaya rumah sakit. Tujuan metode ini adalah untuk “membedah” pembiayaan rumah sakit agar diketahui gambaran pembiayan rumah sakit dari jenis-jenis biayanya, sumbernya dan besar biaya, untuk menentukan unit cost pelayanan (biaya satuan pelayanan per pasien), anggaran rumah sakit, mengetahui pola subsidi silang, pemulihan biaya (cost recovery).

Ada beberapa metode untuk analisis biaya rumah sakit, salah satu yang sampai sekarang dianggap terbaik yaitu metode ABC (Activity Based Costing). Biaya didasarkan pada aktivitas-aktivitas pelayanan kepada pasien rumah sakit (baik aktivitas langsung maupun tidak langsung) dan aktivitas tersebut menimbulkan biaya. Metode ini cukup rumit karena memerlukan kerja sama dalam tim analisis biaya dalam sebuah rumah sakit, butuh ketelitian dan kecermatan serta dukungan pencatatan dan pelaporan dari berbagai data pendukung (baik biaya, anggaran rumah sakit, aset dan pencapaian output-output pelayanan).

Metode ABC ini sudah diberikan di dalam mata kuliah Ekonomi Manajerial Rumah Sakit untuk mahasiswa konsentrasi Administrasi Rumah Sakit di semester satu Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, tetapi karena ketersediaan jumlah jam tatap muka yang sangat terbatas (hanya 4 kali tatap muka @ 100 menit), sementara secara teknis untuk memahami penghitungan analisis biaya dan ditambah dengan pembekalan wawasan akan aspek manajerial dari restrukturisasi biaya rumah sakit maka masih diperlukan jumlah jam tatap muka yang memadai untuk mahasiswa S2 konsentrasi ARS. Untuk itu TOR pelatihan analisis biaya rumah sakit disusun dan diajukan ke pengola MIKM UNDIP. Karena demand rumah sakit yang cukup besar untuk memahami dan menerapkan analisis biaya rumah sakit maka kami juag merencanakan akan membuat pelatihan sejenis untuk sasaran umum (dari rumah sakit).


2. Tujuan pelatihan :

Setelah mengikuti pelatihan ini mahasiswa peserta mata kuliah Ekonomi Manajerial Rumah Sakit pada konsentrasi Administrasi Rumah Sakit di Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro

  1. Mampu menjelaskan dasar-dasar pembiayaan rumah sakit (jenis biaya, sumber, cara memperoleh datanya).

  2. Mampu menjelaskan secara ringkas teknis metode analisis biaya rumah sakit dengan metode ABC (Activity Based Costing) di rumah sakit.

  3. Mampu menghitung dan menerapkan metode ABC dalam suatu kasus pembiayaan rumah sakit.

  4. Mampu menganalisis hasil perhitungan analisis biaya dan mengkaitkannya dalam berbagai keputusan manajerial pengolaan rumah sakit dalam kaitannya dengan resrtukturisasi pembiayaan rumah sakit.

3. Peserta :

Mahasiswa Konsentrasi Administrasi Rumah Sakit danalumni Administrasi Rumah Sakit Universitas Diponegoro pada konsentrasi Administrasi Rumah Sakit di Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro TA 2012/ 2013, sebanyak 30 orang.


4. Narasumber dan fasilitator:

a. Dr. Dra.ec. Thinni Nurul Rohmah, Mkes.

b. Dra. Chriswardani S, Mkes.

c. Djazuli , SKM, Mkes.

d. Dian Soetopo.


    5. Tempat : Gedung Pascasarjana B Univ. Diponegoro, lantai 3 Jl. Imam Barjo SH, no.3 Semarang.


6. Jadwal kegiatan : Pelatihan akan dilaksanakan hari Minggu tanggal 20 januari 2013, efektif selama hampir 8 jam, dengan jadwal acara sbb :

08.00 -08.10 Pembukaan oleh Kaprodi MIKM.

08.10 – 09.30 Pengantar teori biaya dan

metode ABC.

09.30 – 09.45 Rehat pagi

09.45 - 12.30 Penghitungan analisis biaya ABC.

12.30 – 13.00 Rehat siang – ishoma

13.30 - 15.00 Penghitungan analisis biaya ABC.

15.00 - 15.15 Rehat (sholat).

15.15 - 17.30 Implikasi hasil analisis biaya terhadap keputusan manajerial & Restrukturisasi biaya RS.

7. Biaya pelatihan : Rp.700.000,- per peserta.

Fasilitas : materi soft copy, kit pelatihan, snack 2 kali dan makan siang.


Perincian kebutuhan biaya terlampir.


Tempat terbatas!!! Kurang 17 peserta lagi.


Untuk Konfirmasi Pendaftaran hubungi 081325853171

a.n. Bu Triana Sari