Rapat Koordinasi Pengelola MIKM UNDIP,05-01-2011

 
  1. Bagaimana meningkatkan akreditasi
    1. Standar
  1. Tujuan dan sasaran ( renstra)
  2. Indikator
  3. Strategi pencapaian >> Buat strategi indikator sasaran
      • Sosialisasi ke pengajar
      • Sosialisasi ke mhsw
      • Tanggungjawab pengembangan SDM (akdmk & adm)
Rincian yg sekolah
Pengelolaan tim penjaminan mutu >> tupoksi

      • Membuat strategi pencapaian
      • Bgmn penjaminan mutu
      • Bgm mahasiswa & lulusan :
        • Lihat ‘PERAK’
        • Koordinasi >> kebijakan pasca tu pd mhsw yg tidak selesai2
      • SDM
        • Homebase hrs doktor
        • Pembimbing thesis ?? >> aturan sisdiknas
        • Kepangkatan
        • Penddikan
      • Kurikulum, pembelajaran & suasana akdmk >> PR :baca sisdiknas bg para home baser
        • Lokakarya kurikulum >>  2x masa studi >> mengarah KBKomptesi
        • Metode  pembelajaran
      • Suasana akademik
        • Interaksi dosen & mhsw  : perilaku akdmk (dosen, admin, mhsw)
  1. Kegiatan ilmiah
  2. Diskusi antar mhsw
  3. Keterlibatan mhsw dlm keg penelitian dan pengabdian
      • Pembiayaan sarana prasarana dan sistem informasi
        • Standar utk tiap kegiatan (tridharma PT)
        • Perpustakaan : ruang, langganan jurnal, buku
        • SI : lisensi, SIA >> akses nilai, perkuliahan, bahan kuliah, bimbingan, jadwal kuliah,, jadwal kuliah, jadwal  semua kegiatan
        • upload semua kegiatan  ke web mikm  >> mhsw dan dosen buat laporan  diserahkan ke P Agus

    • Penelitian, pengabdian dan kerjasama
  • Jumlah penelitian dosen
  • Jml mhswa yg terlibat
  • Dana : 100 jt/thn ( penet), pengabdian ( 40 jt/th)
  • Publikasi (pembuatan : masuk dana penelitian, biaya utk masuk ke publikasi/jurnal : Rp 250.000
  • Membuat jurnal : 50 jt/thn  konsep jurnal, undang rapat
Penjaminan Mutu
  • Tim penjaminan mutu >> diaktifkan
  • Item2 penilaian mengacu ke materi AIMA ( Undip)
  • Evaluasi kegiatan d mikm
  • Buat sistem : siapa yg bertanggungjawab membuat standar/ manual prosedur, siapa yg memonitor, siapa yang melakukan evaluasi, koreksi, perubahan perilaku
  • Misal :
utk perkuliahan : standar belajar mengajar
Siapa yg membuat, yg memonitor : siapa (PJMK), yg mengevaluasi ( tindak lanjut)

Sistem Pengelolaan ???

  • Para pengelola : sharing informasi
  • (PJMK, pengelola, dosen)
  • Permintaan ujian ulang >> buat prosedur
  • Jadwal  kuliah >> tdk berubah2
  • Tugas2 PJMK, dosen
  • “gathering” dengan semua yang terlibat dlm pengelolaan di mikm
  • Aturan jumlah soal ujian disesuaikan waktu
  • Saat ujian diharapkan salah satu dosen hadir
  • Ethical clear : waktu pengajuan  sesudah seminar proposal
  • Legalisir ijazah : hrs dilengkapi bukti penyerahan tesis  terkendala : abstrak & ethicl clear
  • Perbaikan tesis dilakukan setelah ujian. Sebelum mhsw melakukan perbaikan tdk boleh ikut wisuda.
  • Aturan pendaftaran ujian tesis: satu minggu sebelum ujian harus sudah ujian dan dalam 1 minggu harus sudah menyerahkan perbaikan. Apabila thesis yg telah diperbaiki belum diterima maka tidak didaftarkan wisuda.
  • Penunjukkan pembimbing tesis  smt 3 akhir
Perpustakaan

  • Perlu penyimpanan /lemari utk tesis mhsw
  • Jurnal langganan ( 4 jurnal)
  • Artikel mhsw diedit oleh pembimbing  publikasi & persiapan pembuatan jurnal
Sarana

  • Ac yg dari gd perpustakaan yang lama utk sementara disimpan.
  • Usulan mhsw : pengadaan dispenser utk ruang yg blm ada.
  • Pendaftaran online yg integrasi dgn web-nya Undip
  • Software berlisensi>> pikirkan.